Menu
Models
Menu
Porsche Indonesia

Porsche Indonesia

Kombinasi unik antara performa dan efisiensi Porsche 918 Spyder


Stuttgart. 918 Spyder menjunjung esensi ide Porsche: model ini mengkombinasikan teknologi balap motor dengan utilitas harian yang andal, serta performa maksimal dengan konsumsi minimum. Mandat yang dihadapi oleh tim pengembangan adalah untuk menciptakan mobil sport super untuk dekade berikutnya dengan mobil hybrid yang sangat efisien dan bertenaga kuat. Model ini dibangun dari nol, diawali dengan secarik kertas putih, sehingga tim dapat menghasilkan sebuah konsep tanpa kompromi. Seluruh mobil ini dirancang dengan pemikiran mobil hybrid. Oleh karena itu 918 Spyder mendemonstrasikan potensi mobil hybrid ke derajat yang belum pernah disaksikan sebelumnya: peningkatan paralel atas efisiensi dan performa tanpa mengorbankan satu dengan lainnya. Ini adalah ide yang membuat Porsche 911 sebagai mobil sport paling sukses di dunia selama 50 tahun. Singkat kata, 918 Spyder akan bertindak sebagai wadah gen bagi mobil sport Porsche di masa mendatang.

918 Spyder menguak kedekatannya dengan motorsport melalui berbagai macam cara. Mobil ini telah dirancang, dibangun dan diproduksi oleh para teknisi Porsche yang merakit mobil balap, bekerja sama dengan sekelompok spesialis produksi. Pencerahan yang baik didapatkan dari pengembangan mobil balap Porsche selama 24 jam balapan di Le Mans di 2014, sehingga diintegrasikan ke dalam 918 Spyder – dan sebaliknya. Konsep struktural dari 918 Spyder yang menggunakan sasis berputar sebagai dasarnya – dasar kendaraan yang dapat dikendarai bahkan tanpa bodinya – merupakan tradisi mobil balap di Porsche. Konsep mesin V8 bermula dari mobil balap LMP2 RS Spyder. Strukturnya yang kokoh, monocoque dan sub-kerangkanya, terbuat dari polimer yang diperkuat dengan carbon fibre. Porsche memiliki pengalaman bertahun-tahun dengan materi konstruksi kuat, berbobot ringan dan sekali lagi mencapai hasil tertinggi dengan pengembangan produksi seri 918 Spyder. Banyak bagian dari mobil sport super ini datang dari manufaktur dengan catatan rekam jejak yang telah terbukti baik sebagai pemasok dari kendaraan motorsport.

Mobil Hybrid memberikan keuntungan dalam dinamika berkendara
Pesan kunci dari 918 Spyder adalah bahwa mobil hybrid dari Porsche merupakan sebuah manfaat tanpa kompromi di dalam dinamika berkendara. Pengemudi dapat menikmati hal ini karena konsep all-wheel drive yang unik dengan kombinasi mesin pembakar dan motor listrik di poros roda belakang, serta motor listrik kedua di poros roda depan. Teknologi ini didasarkan pada pengetahuan yang didapatkan oleh Porsche pada saat balap motor dengan 911 GT3 R Hybrid yang sukses. Selain itu, ada beberapa hal lain yang juga dapat ditemukan, seperti misalnya kemudi depan yang dapat dikendalikan secara individual, strategi berkendara baru untuk kecepatan yang sangat tinggi dan agar aman pada saat tikungan. Bahkan, strategi “boost” terdepan mengelola energi mobil listrik dengan sangat pintar sehingga untuk setiap sprint dengan akselerasi maksimum, tenaga penuh 918 Spyder dapat digunakan hanya dengan memencet akselerator secara penuh. Singkat kata, 918 Spyder memberikan kesempatan kepada para pengemudi untuk mengalami dinamika transversi dan longitudinal terdepan, meskipun para pengemudi ini tidak memiliki pelatihan motorsport.

Porsche 918 Spyder juga memiliki potensi untuk memecahkan banyak rekor. Waktu lap yang ada saat ini untuk North Loop di Nürburgring adalah 7:14 menit. Waktu ini dicapai saat ada jurnalis internasional ketika diadakan test drive pada bulan September 2012 – lebih dari satu tahun lalu sebelum produksi dimulai. Prototype 918 Spyder 20 detik lebih cepat dibandingkan Porsche Carrera GT. Akan ada lebih banyak lagi test drive yang akan dilakukan di North Loop di Nürburgring. Faktor yang bahkan lebih penting lagi adalah bahwa 918 Spyder sesudah melewati model – model sebelumnya dan model pesaing perihal efisiensi kendaraan. Sebagai kendaraan plug-in hybrid, mobil ini langsung secara sistematis mengkombinasikan dinamika performa mesin balap dengan 880 tenaga kuda dan konsumsi bahan bakar NEDC yang rendah, yaitu sekitar tiga liter bahan bakar per 100 km, dan ini lebih baik dibandingkan dengan sebagian besar mobil kecil yang ada saat ini. Untuk menyimpulkan semuanya: kendaraan ini memberikan rasa puas berkendara dengan maksimal, dengan konsumsi bahan bakar yang sangat minimum.

Carbon monocoque menjamin desain ringan dengan pusat gravitasi rendah
918 Spyder menggunakan teknologi terbaik, yang diadopsi langsung dari balap motor, untuk mencapai performa puncak. Seluruh struktur bodi dibuat dari carbon fibre reinforced polymer (CFRP) untuk rigiditas torsi yang ekstrim. Elemen tabrakan di bagian depan dan belakang kendaraan menyerap energi benturan. Beban ringan kendaraan sekitar 1.640 kg (paket “weissach), yaitu beban yang sangat ringan untuk kendaraan hybrid dengan performa di kelasnya, juga diterapkan di dalam konsep ini. Komponen sistem penggerak dan semua komponen yang memiliki beban lebih dari 50 kg diletakkan di tempat terendah dan di bagian pusat sebisa mungkin di dalam kendaraan ini. Alhasil, 57% distribusi beban mengarah ke roda poros belakang dan 43% distribusi beban lebih condong ke arah roda poros depan, dikombinasikan dengan pusat gravitasi yang sangat rendah, setara dengan tinggi penghubung roda, sesuatu yang ideal untuk dinamika berkendara. Posisi tengah dan rendah dari batere traksi berada persis di belakang pengemudi, dan hal ini tidak hanya mendukung upaya untuk mengkonsentrasikan masa dan untuk merendahkan pusat gravitasi; tetapi juga memberikan kondisi suhu terbaik untuk kapasitas tenaga batere yang optimal.

Sasis dengan genetik mobil balap dan sistem kemudi roda poros belakang
Sasis yang saling terhubung di Porsche 918 Spyder terinspirasi dari desain motorsport, dilengkapi dengan sistem tambahan, seperti sistem penyerap guncangan adaptif PASM, dan sistem kemudi roda poros belakang. Pada dasarnya, sistem ini memasukkan sistem elektro-mekanik di setiap roda belakang. Penyesuaian pada sistem ini sensitif terhadap kecepatan dan mengeksekusi sudut kemudi hingga tiga derajat di setiap arah. Roda poros belakang dapat dikemudikan dengan arah yang sama dengan roda depan, atau dengan arah yang berlawanan. Pada kecepatan rendah, sistem mengemudikan roda belakang dengan arah yang berlawanan dengan roda depan. Oleh karena itu, perputaran di sudut akan menjadi lebih langsung, cepat dan akurat, sehingga mengurangi perputaran tikungan. Pada kecepatan yang lebih tinggi, sistem akan mengemudikan roda belakang dengan arah yang sama dengan roda depan. Hal ini akan meningkatkan stabilitas kendaraan bagian belakang dengan signifikan, terutama pada saat kendaraan mengambil jalur yang berbeda dengan sigap. Hasil yang didapatkan dari sistem ini adalah keamanan dan penanganan kendaraan yang stabil.

Porsche Active Aerodynamic (PAA) untuk mode berkendara yang berbeda-beda
Porsche Active Aerodynamic (PAA) adalah sistem yang menyesuaikan elemen aerodinamika, memastikan variabel aerodinamika yang unik; layout sistem ini otomatis akan berubah sesuai dengan tiga mode yang ada, mulai dari efisiensi optimal hingga gaya tekan maksimum, dan disesuaikan dengan mode operasional dari sistem kendaraan hybrid. Dalam mode “Balapan”, sayap belakang disetel dengan sudut yang curam untuk mendapatkan gaya tekan maksimal di poros belakang. Spoiler yang ditempatkan diantara dua sayap yang menyokong bagian pinggir aliran udara juga dikembangkan. Selain itu, dua katup udara yang dapat disesuaikan juga dibuka di bagian bawah roda poros belakang dan depan, dan mereka mengarahkan sekumpulan udara ke dalam jalur difusi dari struktur bodi bagian bawah. Hal ini juga menghasilkan “efek dasar” di bagian poros depan.

Di dalam mode “Sport", sistem kendali aerodinamika mengurangi sudut serang sayap belakang, yang dapat membuat kendaraan berlari dengan kecepatan maksimum yang lebih tinggi lagi. Spoiler tetap dikembangkan. Katup aerodinamika di bagian bawah tertutup, sehingga mengurangi aerodinamika dan meningkatkan tarikan kecepatan berkendara. Di dalam mode “E”, kendali dikonfigurasi ulang untuk tarikan aerodinamika rendah; saying dan spoiler belakang ditarik kembali dan katup di bawah bodi ditutup.

Katup masuk udara yang dapat disesuaikan di bawah lampu utama melengkapi sistem aerodinamika adaptif. Saat kendaraan diam dan berada dalam mode “Balapan” dan mode “Sport”, katup ini terbuka agar dapat menghisap udara pendingin dengan maksimal. Dalam mode “E-Power” dan “Hybrid”, katup segera tertutup setelah mobil dikendarai agar tarikan aerodinamika tetap pada titik minimum. Katup tidak akan terbuka hingga kendaraan mencapai kecepatan sekitar 130 km/jam atau saat persyaratan pendinginan yang diperlukan menjadi lebih tinggi.

Dari nyaman hingga siap untuk balapan: lima mode untuk tiga motor
Inti dari konsep 918 Spyder adalah distribusi tenaga propulsifnya di antara tiga unit daya; kerjasamanya dikendalikan oleh sistem manajemen intelijen. Untuk dapat mengeksploitasi pendekatan yang berbeda-beda ini dengan maksimal, para pengembang Porsche mendefinisikan lima mode operasi yang dapat diaktifkan via “map switch” yang terletak di setang kemudi, sama seperti di mobil motorsport. Dengan basis dari pra-seleksi ini, 918 Spyder menerapkan operasi dan strategi dorong yang paling sesuai tanpa intervensi dari pengemudi, sehingga pengemudi dapat berkonsentrasi penuh pada jalanan.

Sunyi dan elegan: “E-Power"
Saat kendaraan dinyalakan, mode “E-Power” merupakan mode operasi default selama batere diisi dengan cukup. Pada kondisi ideal, 918 Spyder dapat melampaui lebih dari 30 km dengan tenaga listrik murni. Bahkan pada mode listrik murni, 918 Spyder dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam kurang dari tujuh detik, dan dapat mencapai kecepatan hingga 150 km/jam. Dalam mode ini, mesin pembakar hanya digunakan saat diperlukan. Bila batere kurang dari nilai minimumnya, maka kendaraan akan otomatis beralih ke dalam mode hybrid.

Efisien dan nyaman: “Hybrid"
Dalam mode “Hybrid", motor elektrik dan mesin pembakar bekerja bergantian dengan fokus untuk memaksimalkan efisiensi dan meminimumkan konsumsi bahan bakar. Penggunaan komponen berkendara individual dimodifikasi sebagai fungsi dari situasi berkendara saat ini dan performa yang diharapkan. Mode Hybrid biasanya digunakan untuk gaya berkendara yang berorientasi pada penghematan bahan bakar.

Sporty dan dinamis: “Sport Hybrid"
Dalam situasi yang lebih dinamis, 918 Spyder memilih mode “Sport Hybrid” untuk sumber tenaganya. Mesin pembakar saat ini beroperasi terus menerus untuk menyediakan tenaga propulsif utama. Selain itu, motor elektrik memberikan dukungan dalam bentuk daya dorong listrik atau saat poin operasi mesin pembakar dapat dioptimalkan untuk efisiensi yang lebih baik. Fokus dari mode ini adalah pada performa dan gaya berkendara sporty dengan kecepatan maksimal.

Untuk lap yang cepat: “Race Hybrid"
“Race Hybrid" adalah mode untuk performa maksimal dan gaya berkendara sporty yang khusus. Mesin pembakar digunakan dengan beban penuh, dan batere akan diisi saat pengemudi tidak menggunakan output maksimal kendaraan. Sekali lagi, motor listrik memberikan dukungan tambahan dalam bentuk daya dorong. Selain itu, program pergeseran gigi dari PDK diatur sedemikian rupa untuk gaya berkendara yang lebih sporty lagi. Motor listrik digunakan hingga batas output tenaga maksimum untuk memberikan performa terbaik di arena balapan. Di dalam mode ini, kondisi isi ulang batere tidak konstan, tetapi berfluktuasi di dalam range pengisian batere. Berbeda dengan mode Sport Hybrid, motor listrik bekerja pada batasan output tenaga maksimum untuk waktu yang singkat agar dapat memberi daya dorong yang lebih baik. Peningkatan output ini diseimbangkan oleh mesin pembakar yang mengisi batere dengan lebih intensif. Oleh karena itu, tenaga listrik tetap tersedia meskipun kendaraan melewati beberapa lap dengan kecepatan tinggi.

Untuk posisi tonggak: “Hot Lap"
Tombol “Hot Lap" di tengah-tengah map switch mengeluarkan tenaga cadangan 918 Spyder dan hanya dapat diaktifkan di dalam mode “Race Hybrid”. Serupa dengan mode kualifikasi, tombol ini mendorong traksi batere ke batasan output tenaga maksimalnya untuk beberapa lap cepat. Mode ini menggunakan seluruh energi yang ada di batere.

Tenaga penggerak utama: mesin delapan silinder mobil balap
Sumber tenaga penggerak utama kendaraan ini adalah mesin enam silinder 4,6 liter yang memproduksi 612 tenaga kuda. Mesin ini diturunkan langsung dari unit tenaga RS Spyder yang sukses, dan ini menjelaskan mengapa kendaraan ini dapat menghadirkan mesin dengan kecepatan hingga 9.150 rpm. Seperti mesin balap RS Spyder, unit tenaga 918 Spyder memfiturkan pelumasan dry-sump dengan tanki oli dan ekstraksi oli yang terpisah. Untuk menghemat bobot, komponen – komponen seperti tanki oli dan kotak saringan udara diintegrasikan ke dalam sub-kerangka, serta induksi udara dibuat dari carbon fibre reinforced polymer. Upaya – upaya lain untuk merealisasikan desain ringan adalah fitur-fitur seperti batang penghubung yang terbuat dari titanium, dinding tipis, pengecoran tekanan rendah di bagian rumah kruk-as dan kepala silinder, kruk-as dari baja ringan yang berkekuatan tinggi dengan batang di kruk-as dengan sudut 180 derajat dan sistem pembuangan gas dari logal baja campuran. nikel dengan dinding yang sangat tipis. Fitur mengejutkan dari V8 adalah mesin ini tidak lagi mendukung sistem bantuan, tidak ada pita mesin dan oleh karena itu mesin menjadi padat. Optimalisasi bobot dan performa mencapai output tenaga hingga sekitar 132 tenaga kuda / l – output tenaga tertinggi per liter dari mesin aspirasi alami Porsche – dimana angka ini lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan Carrera GT (106 tenaga kuda/l) dan sangat luar biasa untuk mesin aspirasi alami.

Warisan desain mobil balap unik: top pipes (pipa atas)
Bukan hanya performa mesinnya saja, tetapi suaranya juga mengumandangkan elemen emosional 918 Spyder. Hal ini disebabkan oleh hal yang disebut sebagai top pipes (pipa atas): buntut pipa berhenti di bagian atas belakang yang ada persis di atas mesin. Tidak ada kendaraan produksi lain yang menggunakan solusi ini. Manfaat terbesar dari top pipes (pipa atas) adalah menghilangkan panas dengan optimal, karena gas panas dibuang melalui rute terpendek, dan tekanan pembuangan gas tetap rendah. Desain ini memerlukan konsep saluran suhu udara dinamis. Dengan mesin HIS, sisi panas ditempatkan di dalam silinder V, sementara jalur masuk ada di luar. Manfaat lainnya adalah: kompartemen mesin tetap menjadi lebih dingin. Ini sangat baik terutama untuk traksi batere lithium-ion, karena performa maksimum batere ini ada di antara suhu 20 dan 40 derajat Celsius. Pada akhirnya, lebih sedikit energi yang perlu digunakan untuk mendinginkan batere dengan aktif.

Paralel dengan sistem penggerak: modul hybrid
Mesin V8 dilengkapi dengan modul hybrid, sejak 918 Spyder dirancang sebagai hybrid paralel seperti model hybrid dari Porsche saat ini. Pada hakekatnya, modul hybrid terdiri dari motor listrik 115 kW dan decoupler yang berfungsi sebagai penghubung dengan mesin pembakar. Karena ada konfigurasi hybrid, maka 918 Spydr dapat ditenagai di poros roda belakang baik dengan mesin pembakar, atau dengan motor listrik, atau oleh keduanya secara bersama – sama. Sebagaimana sudah umum dengan mobil super sport Porsche, sumber tenaga di 918 Spyder ditempatkan di poros roda belakang, dan tidak memiliki hubungan mekanik langsung dengan poros roda depan.

Bolak-balik untuk pusat gravitasi rendah: Doppelkupplung
Transmisi tujuh kecepatan Doppelkupplung (PDK) menangani transmisi tenaga ke poros roda belakang. Transmisi performa tinggi ini merupakan versi PDK sukses yang paling sporty; Transmisi ini telah didesain ulang untuk 918 Spyder dan telah dioptimalkan untuk performa tinggi. Untuk memastikan posisi pemasangan yang rendah untuk pusat gravitasi rendah dari seluruh kendaraan, unit gigi “diputar-balikkan” dengan merotasi unit tersebut 180 derajat dari poros longitudinalnya, berlawanan dengan seri Porsche lainnya. Bila tidak ada tenaga yang diperlukan di poros roda belakang, dua motor dapat dimatikan dengan membuka decoupler dan katup PDK. Ini adalah aksi di balik “coasting” kendaraan hybrid Porsche dengan mesin pembakar yang dimatikan.

All-wheel drive independen: poros roda depan dengan motor elektrik
Untuk poros roda depan, ada motor listrik independen satu lagi dengan output sekitar 95 kW. Unit listrik kendaraan di depan mengendarai roda dengan rasio tetap. Sebuah decoupler mematikan motor listrik di kecepatan tinggi untuk mencegah putaran motor yang berlebihan. Torsi kendaraan dikendalikan secara mandiri untuk setiap poros roda. Hal ini membuat fungsi all-wheel drive yang sangat responsif yang menawarkan potensi besar dalam traksi dan dinamika berkendara.

Batere lithium-ion battery dengan sistem pengisian plug-in
Energi listrik untuk motor listrik disimpan oleh batere lithium-ion yang didinginkan oleh cairan, terdiri dari 312 sel individual dengan energi yang terdiri dari sekitar tujuh kilowatt jam. Batere 918 Spyder memiliki desain yang berorientasi pada performa baik untuk pengisian tenaga dan output tenaga, sehingga batere dapat mengisi persyaratan performa motor listrik. Kapasitas tenaga dan usia operasional traksi batere lithium-ion bergantung pada beberapa faktor, termasuk kondisi suhu. Inilah mengapa batere 918 Spyder didinginkan oleh cairan dengan sirkuit pendingin khusus. Periode garansi global untuk traksi batere adalah tujuh tahun.

Untuk memasok batere dengan energi, Porsche mengembangkan sebuah sistem baru dengan tempat pengisian batere plug-in (plug-in charge port) dan meningkatkan potensi rekuperasi. Tempat pengisian batere kendaraan di dalam kolom B di sisi penumpang depan membuat pengguna dapat menghubungkan batere penyimpanan ke pasokan utama di rumah dan mengisi baterenya. Tempat pengisian batere distandarisasi sesuai dengan Negara dimana kendaraan dibeli. Pengisian batere saat mobil berjalan (on board) ditempatkan dekat dengan traksi batere. Pengisian batere saat mobil berkala ini mengkonversi arus pilihan pasokan utama ke dalam aliran langsung dengan output pengisian ulang maksimum sebesar 3,6 kW. Dengan menggunakan Porsche Universal Charger (AC) yang disediakan, traksi batere dapat diisi dalam empat jam dari, misalnya, colokan listrik sepuluh amper untuk pasokan utama 230 Volt di Jerman. Selain itu, Porsche Universal Charger (AC) dapat dipasang di rumah di rumah, di garasi, dengan menggunakan Charging Dock. Alat ini membuat pengisian batere dapat dilakukan dengan cepat dan nyaman dalam waktu sekitar dua jam, tergantung pada kondisi regional. Porsche Speed Charging Station (DC) tersedia sebagai fitur opsional ekstra. Alat ini dapat mengisi batere dengan voltase tinggi hingga penuh dari 918 Spyder hanya dalam 25 menit.

Mempelopori konsep kendali: pengaturan kokpit yang jelas
Pengemudi adalah fokus semua teknologi di mobil super sport Porsche di masa depan. Sebuah kokpit diciptakan untuk pengemudi dan mempelopori kejelasannya. Kokpit dipartisi ke dalam dua area dasar. Pertama, ada kendali yang penting untuk berkendara, dan kendali tersebut dikelompokkan di sekitar setang kemudi multi-fungsi, dikombinasikan dengan informasi pengemudi yang ditunjukkan di tiga instrumen bundar besar. Kedua, ada blok infotainment yang diletakkan di dalam konsol pusat yang dapat diangkat, dan ini sudah diperkenalkan di Carrera GT. Fungsi-fungsi kendali, seperti misalnya, fungsi untuk sistem kendali iklim otomatis, penyesuaian sayap, penerangan dan Porsche Communication Management (PCM), termasuk sistem audio canggih Burmester, dapat dioperasikan secara intuitif dengan multitouch yang didukung dengan teknologi panel hitam tipe baru.

Untuk performa yang bahkan lebih baik lagi: paket Weissach
Bagi pelanggan 918 Spyder yang sangat berorientasi pada performa, Porsche menawarkan paket “Weissach”. Mobil super sport yang dimodifikasi ini dapat dikenali pada pandangan pertama dengan warna dan desain spesial yang didasarkan pada mobil balap Porsche yang legendaris. Atap, sayap atap, spion kaca belakang dan kerangka kaca dibuat oleh karbon yang kasat mata. Bagian interior dikemas dengan Alcantara, bukan kulit, dan karbon kasat mata menggantikan aluminium. Insulasi suara telah dikurangi. Penekanan performa tidak hanya visual saja: roda magnesium yang sangat ringan mengurangi masa; bobot bruto dikurangi hingga 35 kg. Berbagai macam manfaat dapat dialami lebih jauh lagi melalui performa dinamika yang semakin ditingkatkan. Beberapa referensi lain dari motorsport adalah sabuk pengaman enam poin untuk pengemudi dan penumpang depan, cat bodi yang diganti dengan film-coating, serta tambahan bagian bodi aerodinamika dalam bentuk karbon kasat mata.

Porsche dengan definisi ulang: mobil sport super baru untuk dekade baru
918 Spyder meneruskan tradisi panjang dari mobil sport super di Porsche; sebagai platform teknologi, sebagai kekuatan berkendara dibalik emosi mobil dan evolusi mobil, dan sebagai mobil sport tiada banding di dekade masing – masing: Carrera GTS, Porsche Turbo pertama, 959, 911 GT1, Carrera GT. Lebih jauh lagi disbanding para pendahulunya, 918 Spyder memberikan prawarsa kunci untuk pengembangan teknologi bagi konsep kendaraan masa depan. Kendaraan ini menawarkan paket lengkap dari komponen – komponen yang mencerminkan DNA Porsche – lebih terkonsentrasi dibanding sebelumnya.

Porsche Indonesia PR

Public Relations and Media
Cynthia Ratna
Phone: +62 21725 8000
E-mail: cynthia@eurokars.co.id

5/27/2013